Afi Indraswari, Jatuh Hati pada Marketing Communication

Afi Indraswari, mahasiswa asal Bogor yang akrab dipanggil Afi merupakan mahasiswa Manajemen Komunikasi Universitas Padjadjaran sejak 2019 lalu. Kala itu, Ia nekat untuk menekuni bidang komunikasi setelah 3 tahun bersekolah di jurusan sains murni. Alhasil, keputusannya itu membawanya pada posisinya sekarang. Tepat di semester akhirnya, Afi memulai karir di PT Unilever Indonesia sebagai Assistant Brand Manager – Marketing. Selama masa perkuliahan, Ia pernah melakukan kegiatan Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di PT Paragon Technology and Innovation, sebagai Corporate Communication Intern, serta magang reguler di PT Unilever Indonesia sebagai Marketing Intern dan Dentsu Indonesia sebagai Project Executive Intern. Seluruh pengalamannya memang berkaitan erat dengan dunia pemasaran khususnya bidang consumer goods, yang ia mulai kenal dan cintai sejak semester pertamanya di Manajemen Komunikasi.

Ketika menjadi mahasiswa baru, Afi diperkenalkan dengan dunia marketing communication melalui program orientasi mahasiswa tingkat jurusan yang disebut Intro. Di sana, Afi dan seluruh mahasiswa Manajemen Komunikasi belajar mengatasi masalah-masalah nyata yang perlu diselesaikan oleh para praktisi komunikasi pemasaran. Kecintaannya terhadap dunia pemasaran semakin mendalam sejak ia mengenal mata kuliah perilaku konsumen di semester tiga—irisan antara ilmu komunikasi, psikologi, juga bisnis. Ia mendapati bahwa memahami masalah konsumen, cara mereka berpikir, bertindak, hingga pentingnya peran pemasar dalam memenuhi kebutuhan konsumen begitu menyenangkan untuk dipelajari. Kemampuan ini juga diperdalamnya melalui berbagai kegiatan perlombaan di bidang marketing, public relation, maupun branding di tingkat nasional.

Bersama kawan-kawannya yaitu Jessica Manuela Susanto dan Rheivita Mutiara (Mankom 19), Ia menjuarai ajang perlombaan branding nasional yang diadakan oleh Universitas Pelita Harapan dengan merancang formulasi brand identity yang dapat mengatasi masalah konsumen, sekaligus mendorong penjualan. Selain merancang strategi pemasaran secara umum, Afi juga memiliki ketertarikan dalam pengelolaan media sosial. Afi bersama dengan sahabatnya, Arisa Febia Rahma (Mankom 19), berhasil menjuarai kompetisi nasional Social Media Campaign sebagai juara 1.

Share this: