Program studi Manajemen Komunikasi menyampaikan kurikulum dengan mata pelajaran yang kuat dalam aspek teoritis maupun praktis. Kurikulum ini dievaluasi setiap 4 tahun untuk menyesuaikan dengan transformasi di dunia teknologi, dunia akademis, serta kebutuhan di masyarakat.
Program Studi Manajemen Komunikasi telah menyelenggarakan perkuliahan dan mengelola mahasiswa sebagai sebuah jurusan atau bidang konsentrasi pada Program Studi Ilmu Komunikasi sejak tanggal 1 April 1964 dengan nama Jurusan Penerangan yang pada tahun 1994 berubah nama menjadi Jurusan Manajemen Komunikasi. Para dosen dan pengelola melihat perkembangan manajemen komunikasi sebagai sebuah program studi sarjana yang juga ada di beberapa negara maju (misalnya Jerman, Jepang, Amerika Serikat).
Selama menjalankan statusnya sebagai jurusan, Manajemen Komunikasi selalu memiliki peminat yang sangat tinggi di kalangan mahasiswa. Hal ini menegaskan bahwa ilmu manajemen komunikasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pada tanggal 7 Mei 2014, Manajemen Komunikasi resmi menjadi sebuah prodi. Tiga tahun kemudian, Pada periode akreditasi 2017 – 2022, Prodi Mankom berhasil meraih akreditasi dengan peringkat A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) yang dibuktikan dengan Surat Keputusan No. 0897/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017.
Prodi Mankom pada tahun 2020 telah berkontribusi dalam menyediakan pembelajaran secara terbuka kepada masyarakat melalui massive open online course (MOOC) Unpad. Manajemen Komunikasi termasuk salah satu program studi yang mata kuliahnya diminati paling banyak dalam pembelajaran kampus merdeka.
Daya tarik Prodi Manajemen Komunikasi terletak pada profil lulusannya yakni communication strategist, marketing communication officer, dan human resources communication officer yang banyak bekerja di perusahaan internasional maupun nasional. Kondisi ini terjadi karena lulusan Prodi Manajemen Komunikasi memenuhi standar kualifikasi nasional dan regional.