Profil Lulusan

Topik utama studi Program Studi Manajemen Komunikasi berkaitan dengan strategi komunikasi, komunikasi pemasaran, dan pengembangan sumber daya manusia komunikasi. Profil lulusan dari Program Studi Manajemen Komunikasi meliputi pengelola strategi komunikasi, pengelola komunikasi pemasaran, dan pengelola pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi (PSDMK).

Berikut ini merupakan profil dan peran lulusan program studi Manajemen Komunikasi:

  1. Perancang Strategi Komunikasi (Communication Strategist)
    Mengelola berbagai sumberdaya komunikasi dalam konteks organisasi non-profit untuk tujuan perubahan sosial, baik secara internal (untuk organisasi tempatnya bekerja) maupun secara eksternal (sebagai konsultan untuk organisasi lain).
  2. Pengelola Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication Officer)
    Mengelola berbagai sumberdaya komunikasi pemasaran dalam konteks organisasi for-profit untuk tujuan komersial.
  3. Pengelola Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi (Human Resources Communication Development Officer)
    Mengelola program-program pengembangan kemampuan komunikasi sumber daya manusia dalam perusahaan.

Kompetensi Lulusan

Sikap

  1. Melakukan tugas secara bertanggung jawab dengan menciptakan sebuah strategi komunikasi yang tidak menimbulkan keresahan masyarakat, jika tidak maka akan bertentangan dengan norma hukum, sosial, dan etika yang berlaku (S1).

Pengetahuan

  1. Menguasai prinsip-prinsip dan teori komunikasi (P1)
  2. Menguasai konsep-konsep komunikasi strategis, manajemen, pemasaran, dan pengembangan sumber daya komunikasi (P2)
  3. Menguasai kemampuan untuk menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (P3)
  4. Mampu menguasai untuk menganalisis ekosistem organisasi pada bidang komunikasi dan media (P4)
  5. Menguasai metodologi riset komunikasi (P5)

Keterampilan Khusus

  1. Mampu mengaplikasikan hasil riset komunikasi strategis, komunikasi pemasaran, dan komunikasi untuk pengembangan sumber daya manusia untuk tujuan perubahan sosial, komersial, dan pencapaian tujuan organisasi (K1).
  2. Mampu memecahkan masalah-masalah komunikasi, berkolaborasi dan berkompetisi untuk membangun alternatif-alternatif solusi secara kreatif dalam konteks organisasi berbasis profit maupun non-profit (K2).
  3. Mampu mengevaluasi strategi-strategi komunikasi untuk tujuan perubahan sosial dan komersial (K3).
  4. Mampu memecahkan masalah-masalah komunikasi strategis untuk tujuan perubahan sosial dan komersial (K4).
  5. Mampu mengelola pelatihan komunikasi (K5).
  6. Mampu menggunakan media digital untuk komunikasi strategis (K6).

Keterampilan Umum

  1. Menguasai keterampilan berpikir tingkat tinggi yang meliputi kemampuan untuk berpikir secara kritis, logis, reflektif, dan kreatif (KU1).
  2. Menguasai keterampilan berbicara di depan umum (public speaking), penulisan ilmiah dan kreatif, mendengarkan secara efektif, dan membaca secara kritis (KU2).
  3. Memiliki kemampuan wirausaha (entrepreneurship) di bidang komunikasi (KU3).
  4. Menguasai kemampuan untuk mempertahankan dan membangun jejaring dan bekerja sama dengan kolega, baik dari dalam maupun luar institusi (KU4).