Profil Lulusan

Berikut ini merupakan profil dan peran lulusan program studi Manajemen Komunikasi:

  1. Perancang Strategi Komunikasi (Communication Strategist), mengelola berbagai sumberdaya komunikasi dalam konteks organisasi non-profit untuk tujuan perubahan sosial, baik secara internal (untuk organisasi tempatnya bekerja) maupun secara eksternal (sebagai konsultan untuk organisasi lain).
  2. Pengelola Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication Officer), Mengelola berbagai sumberdaya komunikasi pemasaran dalam konteks organisasi for-profit untuk tujuan komersial.
  3. Pengelola Pengembangan Komunikasi Sumber Daya Manusia (Human Resources Communication Development Officer) Mengelola program-program pengembangan kemampuan komunikasi sumber daya manusia dalam perusahaan.

Kompetensi Lulusan

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dengan menghasilkan strategi komunikasi yang tidak memberikan dampak yang dapat menimbulkan keresahan khalayak, karena bertentangan dengan norma hukum, norma sosial dan etika yang berlaku.

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, teori dan riset komunikasi strategis;
  2. Menguasai konsep dan teori kepemimpinan dan organisasional;
  3. Menguasai konsep dan teori terkait teknologi informasi dan komunikasi terkini (ICT) untuk tujuan perubahan sosial, komersial dan pencapaian tujuan organisasi;
  4. Mampu menganalisis sistem sosial dan budaya yang ada di masyarakat;
  5. Menguasai konsep, teori dan riset komunikasi pemasaran;
  6. Mampu menganalisis ekosistem bisnis;
  7. Menguasai konsep, teori dan riset komunikasi untuk pengembangan sumber daya manusia;
  8. Mampu menganalisis kebutuhan pengembangan kompetensi komunikasi sumber daya manusia dalam organisasi.

Keterampilan Khusus

  1. Mampu berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills) yang meliputi kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, dan berpikir kreatif;
  2. Terampil berbicara di depan publik, menulis ilmiah dan kreatif, menyimak secara efektif, dan membaca secara kritis;
  3. Mampu menganalisis situasi, memformulasikan masalah komunikasi, berkolaborasi dan bersaing untuk mengembangkan alternatif solusi secara kreatif dalam konteks organisasi non-profit dan for profit
  4. Mampu mengaplikasikan hasil riset komunikasi strategis, komunikasi pemasaran, dan komunikasi untuk pengembangan sumber daya manusia untuk tujuan perubahan sosial, komersial dan pencapaian tujuan organisasi.
  5. Mampu merancang, mengimplementasikan dan mengevaluasi strategi komunikasi untuk tujuan perubahan sosial dan komersial.
  6. Mampu memberikan layanan konsultasi dan memecahkan permasalahan komunikasi untuk tujuan perubahan sosial dan komersial;
  7. Mampu berwirausaha (entrepreneurship) di bidang komunikasi;
  8. Memiliki keterampilan manajerial dalam mengelola strategi komunikasi organisasional.
  9. Mampu merancang dan memberikan pelatihan komunikasi pada SDM organisasi berdasarkan prinsip, filosofi, teori, dan model pendidikan orang dewasa;
  10. Mampu melakukan kajian mendalam dan menyeluruh tentang pelaksanaan sistem komunikasi organisasional untuk peningkatan efektivitas organisasi
  11. Mampu menciptakan budaya komunikasi yang menunjang pencapaian tujuan organisasi.

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks perancangan, implementasi, dan pengembangan komunikasi strategis sesuai dengan keahliannya, berdasarkan norma hukum, norma sosial, norma budaya dan etika yang berlaku;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian komunikasi strategis;
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah komunikasi strategis berdasarkan riset dan teori komunikasi;
  5. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja serta berkolaborasi dengan kolega, baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  6. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  7. Mampu mengelola pembelajaran secara mandiri serta melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.