Kurikulum

Struktur kurikulum terdiri atas mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Kurikulum wajib bertujuan untuk mengembangkan kompetensi-kompetensi utama dari para lulusan dan kurikulum pilihan bertujuan untuk memperkuat kompetensi utama. Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang perlu diambil oleh mahasiswa Program Studi Manajemen Komunikasi adalah 144 SKS yang dibagi ke dalam enam blok mata kuliah berdasarkan tujuan pembelajaran yang di antaranya meliputi blok komunikasi strategis (19 SKS), blok kemampuan komunikasi dasar (32 SKS), blok media dan teknologi komunikasi (13 SKS), blok komunikasi strategis untuk kepentingan bisnis (13 SKS), blok komunikasi strategis untuk kepentingan sosial (11 SKS), blok sumber daya komunikasi (15 SKS), blok riset manajemen komunikasi (18 SKS). Penempatan mata kuliah wajib dimulai sejak semester satu (1) hingga empat (4), sementara mata kuliah pilihan dimulai dari semester lima (5) hingga tujuh (7).

Struktur Kurikulum

Berdasarkan sistem perguruan tinggi di Indonesia, beban kerja atau satuan kredit yang digunakan dalam Program Studi Manajemen Komunikasi adalah Satuan Kredit Semester (SKS). Dalam sistem ini, 1 kredit setara dengan 45,3 jam/semester, total 16 pertemuan dengan durasi 2,8 jam termasuk kegiatan mengajar terjadwal, penugasan terstruktur, dan penugasan mandiri. Untuk menyelesaikan pendidikan di Program Studi Manajemen Komunikasi, mahasiswa perlu memenuhi 144 SKS atau setara dengan 259,2 ECTS.

  • SEMESTER 1 (23 SKS)
    • Pendidikan Kewarganegaraan (2 SKS), Bahasa Inggris (2 SKS), Bahasa Indonesia (2 SKS), Olah Kreativitas dan Kewirausahaan (3 SKS), Agama (2 SKS), Public Speaking (3 SKS), Logika dan Berpikir Kritis (3 SKS), Pengantar Ilmu Komunikasi (3 SKS), dan Asas-Asas Manajemen (3 SKS).
  • SEMESTER 2 (24 SKS)
    • Psikologi Komunikasi (3 SKS), Pengantar Manajemen Komunikasi (3 SKS), Komunikasi Organisasi dan Keterampilan Manajerial (3 SKS), Komunikasi Interpersonal Strategis (3 SKS), Komunikasi Massa dan Konvergensi Media (3 SKS), Penulisan Strategis (3 SKS), Teori Komunikasi (3 SKS), Komunikasi Bisnis (3 SKS).
  • SEMESTER 3 (24 SKS)
    • Perencanaan Komunikasi (4 SKS), Teknologi Komunikasi Digital dan Komunitas (3 SKS), Komunikasi Persuasif Strategis (3 SKS), Komunikasi Pemasaran (3 SKS), Perilaku Konsumen (3 SKS), Manajemen Media Digital (3 SKS), Manajemen Komunikasi Visual (4 SKS).
  • SEMESTER 4 (23 SKS)
    • Komunikasi dan Perubahan Sosial (4 SKS), Manajemen Komunikasi Multimedia (3 SKS), Manajemen Program Pelatihan Komunikasi (4 SKS), Etika dan Filosofi Komunikasi (3 SKS), Komunikasi Multikultural (3 SKS), Riset Kuantitatif Manajemen Komunikasi (3 SKS), Riset Kualitatif Manajemen Komunikasi (3 SKS).
  • SEMESTER 5 (19 SKS – mahasiswa dapat mengambil mata kuliah lintas program studi)
    • Praktik Komunikasi Pemasaran (4 SKS), Wirausaha Komunikasi (3 SKS), Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi (3 SKS), Psikologi Industri dan Organisasi (3 SKS), Statistika Terapan (3 SKS)
  • SEMESTER 6 (22 SKS – mahasiswa dapat mengambil mata kuliah lintas program studi)
    • Manajemen Kampanye Sosial (4 SKS), Evaluasi Program Komunikasi (3 SKS), Konsultansi Komunikasi (3 SKS), Industri Media (3 SKS), Audit Komunikasi (3 SKS), Analisis Isu Komunikasi Strategis (3 SKS), Komunikasi Politik Strategis (3 SKS), Job Training (2 SKS).
  • SEMESTER 7 (9 SKS)
    • Seminar (3 SKS), Skripsi (6 SKS)