Lokakarya Pembentukan Asosiasi Profesi Manajemen Komunikasi

Perkembangan bidang komunikasi pada berbagai sektor telah melahirkan profesi-profesi yang berkembang pesat terkait dengan bidang ilmu manajemen komunikasi. Profesi bidang manajemen komunikasi tersebut, terdapat pada organisasi profit maupun nonprofit, organisasi swasta maupun pemerintah, dan mencakup komunikasi internal maupun eksternal.

Perkembangan tersebut mengarah pada perlunya pembentukan asosiasi profesi di bidang manajemen komunikasi. Alasan lainnya adalah, profesi dan kompetensi terkait manajemen komunikasi saat ini dipandang dapat dilakukan oleh siapa saja dengan latar-belakang pendidikan formal selain dari prodi manajemen komunikasi. Tidak seperti profesi yang sudah punya Pendidikan profesi misalnya dokter yang harus menempuh pendidikan formal Kedokteran. Selain itu, masih terdapat kerancuan pemahaman masyarakat dan industri tentang disiplin ilmu dan kompetensi alumni bidang manajemen komunikasi.

Di negara lain, asosiasi dalam bidang manajemen komunikasi sudah mulai banyak didirikan, misalnya Communication Manager Association, Communication Media Management Association, dan Association Management Services Communication. Bahkan ada yang telah menyelenggarakan uji sertifikasi, misalnya communication management professional certification.

Berdasarkan paparan tersebut, Prodi Manajemen Komunikadi Fikom Unpad akan melaksanakan lokakarya asosiasi profesi manajemen komunikasi. Acara tersebut diselenggarakan pada 28 November 2019 Bertempat di Meeting Room RM Sindang Reret. Selain pengelola dan dosen Prodi Manajemen Komunikasi Fikom Unpad, acara tersebut juga dihadiri pengelola dan dosen Manajemen Komunikasi IISIP dan Unisba.

Pada acara yang dibuka oleh Dekan Fikom, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, S.Sos., S.H., M.Si tersebut menghadirkan pembicara dari
Badan Nasional Sertifikasi Profesi yaitu Henny Supriyati Widyaningsih, M.Si, dan Alumni Manajemen Komunikasi yang diwakili oleh Wahyudin yang berprofesi sebagai Manajer Pengembangan Komunikasi SDM dan pemilih retail fashion ternama di Indonesia. Selain itu, hadir pula Yuni Miyansari dari BPC Perhumas Bandung yang membagikan pengalaman pengelolaan Perhumas sebagai asosiasi profesi humas di Indonesia.

Pada lokakarya tersebut, disepakati bahwa akan dibentuk Asosiasi Profesi Manajemen Komunikasi pada tahun 2020.

Share this: